Friday 8 December 2017

perpanjangan stnk



Perpanjang Tiap Tahunan
Sesungguhnya sangat gampang untuk mengikuti tahap proses perpanjang STNK tiap tahun. Berikut adalah mekanisme pengurusan perpanjang STNK tiap tahun:
  1. Datang langsung tujuan ke loket pendaftaran. Kadang-kadang ditempat ini saudara akan banyak dipanggil oleh para perantara. Padahal, di loket pendaftaran tertulis mekanisme proses perpanjang STNK saudara.
  2. Pintalah kepada petugas polisi yang ada di loket ini ada sebuah formulir pengajuan perpanjang STNK. Petugas polisi lalu akan memberikan sebuah form perpanjang STNK. Isi semua yang diperlukan jangan tertinggal point.
  3. Setelah form diisi dengan sangat lengkap, lampirkan juga lampirannya. Lampirannya adalah:
  • STNK Asli punya saudara dan Fc ( fotokopi)
  • Fc (Fotokopi BPKB (Bagi kendaraan leasing bisa minta fotokopi BPKB ke leasing dengan tanda legalisir dari leasing)
  • KTP asli punya anda dan Fotokopi (fc) (usahakan alamat dan data diri lainnya sama dengan yang tertera di STNK dan BPKB anda).
  1. Setelah saudara menyerahkan form dan lampiran- lampirannya , saudara akan diberikan slip pembayaran pajak kendaraan tahunan milik saudara .
  2. Bayar pajak ke kasir pembayaran sesuai dengan jumlah yang sudah ada pada slip pembayar pajak kendaraan saudara tersebut. Lalu saudara akan mendapatkan tanda bukti pelunasan pembayaran pajak saudara.tanda Bukti tersebut untuk diserahkan ke loket selanjutnya untuk pengambilan STNK yang baru.
  3. Silahkan anda tunggu dikursi tunggu hingga nama saudara dipanggil petugas dan STNK saudara pun telah diperpanjangan selama 1 tahun ke depan.

Perpanjang lima Tahunan
            Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, syarat yang saudara dibutuhkan dalam perpanjang STNK 5 tahunan tidak jauh beda dengan perpanjang tahunan. Pada perpanjang STNK lima tahunan ini akan diberlakukan cek fisik pada kendaraan saudara. oleh karena itu, jangan langsung parkir kendaraan saudara terlebih dahulu ketika saudara datang ke SAMSAT. Segera bawa kendaraan saudara ke bagian Cek Fisik Kendaraan saudara. Petugas polisi di sana telah menunggu dan siap bantu anda. Petugas polisi akan mengeluarkan kertas formulir yang ditempel ke nomor mesin  dannomor rangka dan kendaraan saudara, lalu digosok memakai pensil 2b agar terlebih terang sampai nomornya ada. Biasanya diberi istilah gesek-gesek.
             Catatan satu: Jika kendaraan saudara adalah model yang tidak umumnya/jarang beredar di Negara Indonesia lebih baik saudara telah tahu tata letak nomor mesin  dan nomor rangka dan kendaran saudara tersebut. Dengan model kendaraan saudara yang tidak umumnya ada, petugas polisi “gesek- gesek” tadi belum mengdan etahui lokasi nomor nomor rangka mesin dan kendaraan saudara. beda dengan kendaraan yang pada umumnya digunakan, seperti kendaraan roda empat Avanza Innova APV Ayla, dll. atau sepeda motor roda dua Yamaha Mio Honda Vario Beat dll. petugas “gesek-gesek” tadi tentu sudah mahir dimana letak mesinnya  dan nomor rangka dan  bahkan kadang-kadang saudara hanya tinggal mengawasi karena petugas polisi itu yang turun tangan mengerjakan