Saturday 9 December 2017

Plat Nomor

            Melihat tanggapan orang pada umumnya orang kebanyakan, jika kalian mengurus pajak tahunan pasti berhubungan dengan melalui birokrasi pemerintahan yang diragukan “kesuciannya”. Kadangkala, cara penggesekan mesin  dan nomor rangka dan tidak dipungut biaya. Bilamana jika menurut kalian cara tersebut terlihat repot dan menyulitkan waktu lama (untuk lihat mesin  dan nomor rangka atau harus membuka banyak komponen), untuk terhindar anggapan yang tidak mau, saudara bisa mengambil cara untuk memberi tips uang ke petugas. Semua itu kembali lagi pada keikhlasan hati anda.
          Kemudian cara cek fisik selesai, cara selanjutnya sama dengan cara perpanjang tahunan. Namun ditambah di sini, pada perpanjang lima tahunan ketika saudara mendapat STNK saudara yang baru berlaku untuk lima tahun ke depan saudara juga akan diberi nomor antrian untuk ke loket mengambil plat nomor kendaraan anda yang baru. Biasanya saudara akan diarahkan ke loket pembuatan plat nomor yang terpisah dari loket penyerahan STNK. Kemudian mendapatkan plat nomor tersebut kemudian selesai sudah cara perpanjang STNK lima tahunan saudara beserta penggantian plat nomornya.
          Nomor Plat SAMSAT saat ini (di wilayah Jabodetabek) tidak menerima sekarang juga karena antri pembuatan plat nomor yang  panjang. Biasanya plat nomor  selesai dikerjakan kurang lebih dua atau tiga bulan setelah saudara mendapatkan STNK baru. Untuk itu biasa petugas akan meminta nomor cotact anda untuk dihubungi kembali bila plat nomor sudah jadi . Petugas akan memberi stempel atau  catatan di STNK  plat nomor sedang dalam proses pembuatan, bila saudara dihentikan petugas Polisi di jalan karena menggunakan plat nomor yang sudah masa waktunya, saudara menunjukkan catatan itu.
           Demikian prosedur dan mekanisme proses perpanjangan STNK tahunan dan lima tahunan. Hindari penggunaan jasa calo dan tetap taat pajak sebagai cerminan warga negara yang baik.